APA ITU TEKNIK MATERIAL?

Dewasa ini, masih banyak anggapan masyarakat umum bahwa teknik material selalu berorientasi pada sebatas bahan bangunan saja, anggapan itu memang benar, karena dalam teknik material juga membahas mengenai material-material yang biasa dijual di toko bahan bangunan ( ex: semen, batako, pipa paralon, seng, plastik polimer, batubata, paku, cat, dll ). Namun itu hanya sebagian kecil dari ilmu/ material yang akan dipelajari dalam teknik material. Cakupan disiplin ilmu di teknik material sangatlah luas. Apalagi dalam perkembangannya saat ini, ilmu material sudah mencapai ke seluruh bidang kerja.

Sebagai pemanasan mari kita bahas tentang Teknik Material. Apa itu teknik material, bidang apa saja yang dibahas, dan yang pasti prospek kerjanya.

Teknik material adalah sebuah disiplin ilmu teknik yang berhubungan dengan ilmu material, mempelajari tentang sifat bahan (mekanik, elektrik, magnetik, thermodinamik, energetika, elektrokimia, storage/memory), hubungan struktur bahan dan sifatnya, rekayasa material, dan berfokus pada desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.

Bidang ini juga mempelajari teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisis (x-ray diffraction, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain),analisis kegagalan (failure analysis), analisis biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri, serta perawatan (maintenance).

Gambar di atas menjelaskan bidang yang dibahas di dalam Teknik Material. Semua berasal dari berbagai komponen dari bumi, baik itu organik ataupun non-organik yang dapat diolah untuk membuat material yang dapat digunakan untuk kehidupan manusia. (Lihat Gambar sebelah kanan) Gambar di tengah adalah Besi Sulfida (pyrite). Bahan tersebut dapat diolah menjadi besi tuang/cor, besi tempa dan baja. Setelah logam-logam tadi diubah menjadi bentuk tuang/cor maka dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan dengan teknik proses atau fabrikasi.

Kehadiran teknik material pada masa sekarang ini sangat diperlukan guna mencetak tenaga-tenaga profesional di bidang ilmu dan teknologi material, karena saat ini Indonesia sedang melaksanak an pembangunan berdasarkan lima pilar, termasuk didalamnya ilmu material.

Tidak dapat dihindari lagi, bahwa semua industri memerlukan disiplin ilmu material. Berperan sebagai engineer-engineer di bidang industri, baik sebagai supporti ng unit (maintenance) maupun “tulang punggung” (penghasil material). Kedua-duanya merupakan peran yang sangat dibutuhkan dalam sektor industri di Indonesia.

Sedangkan,hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam material engineering adalah:

1. How to select material
2. How to use material
3. How to manufacture

Adapun Prospek kerja Teknik Material adalah sebagai berikut :

1. Bidang Minyak dan Gas
2. Bidang Mikroelektronik
3. Bidang Industri otomotif
4. Bidang Kesehatan
5. Bidang Pembangkit Energi
6. Bidang Komunikasi
7. Bidang Militer/pertahanan
8. Bidang Transportasi
9. Bidang Kedirgantaraan
10. Bidang Olahraga
11. Konsultan material

Untuk lebih jelasnya silakan mengunjungi situs :

http://www.material.itb.ac.id

ENGINEERING IS NOTHING WITHOUT MATERIALS

3 thoughts on “APA ITU TEKNIK MATERIAL?

  1. saya ada lahan pyrite yang cukup luas, tetapi tidak menguasai cara pengolahannya.
    Bagaimana cara mengolah pyrite yang paling ekonomis?

    Terima kasih.

    Balas
  2. Mohon masukannya.
    Saya tertarik melanjutkan S2 ke Universitas Indonesia Program studi Teknik Metalurgi dan material. namun saya bingung memilih antara kosentrasi material atau korosi. dilihat dari prospek pekerjaan mana yang lebih terpakai di industri, terutama di migas.
    terima kasih

    abet

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s