Material Keramik Pada Kehidupan

abalonAbalon, itulah nama hewan laut yang memiliki cangkang unik dan luar biasa. Siapa yag sangka bahwa dari hewan laut yang kecil itu, merupakan inspirasi bagi manusia dalam mengembangkan pengetahuan mengenai material keramik. Apalagi dalam mengembangkan teknologi pada keramik konvensional, dimana sifat keramik yang awalnya bersifat isolator, dapat diubah menjadi konduktor. Sehingga saat ini pun keramik sudah dapt digunakan dalam berbagai bidang.

 

 

Salah satu material keramik yang sudah lama digunakan oleh manusia dari zaman dulu hingga sekarang adalah porcelain. Porcelain yang merupakan salah satu dari contoh keramik tradisiona0148al yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bidang konstruksi sampai pada kelistrikan. Proses pembuatan keramik porcelain sendiri membutuhkan suhu 1000-1500oC. sedangkan bila melihat dari alam, contoh keramik terdapat pada cangkang hewan laut, abalon, yang proses pembuatannya hanya membutuhkan suhu 4oC. Rancangan tersebut menarik ilmuwan Turki, Ilhan Aksay dalam melakukan penelitian terhadap cangkang hewan laut. Dalam penelitiannya, Aksay mulai menyadari struktur luar biasa dari abalon. Cangkang hewan laut tersebut memiliki struktur yang amat kokoh, cangkang keramik tersebut amat kuat sehingga dapat mencapai dua kali lipat dari keramik buatan manusia dengan teknologi maju saat ini.

 

Billy Goodnan, ilmuwan Amerika mengulas cangkang keramik hewan laut tersebut sebagai berikut:

“Ketika diperbesar 300.000 kali dengan mikroskop elektron, cangkang tampak seperti tembok batu bata, dengan batu bata kalsium karbonat berselingan dengan adukan semen protein. Meski sifat alami kalsium karbonat yang mudah hancur, berkat struktur berlapisnya, cangkang ini sangatlah kuat dan lebih tahan pecah dari keramik buatan manusia.”

 

Terilhami dari contoh ini, Aksay membuat keramik yang sangat keras dan kuat, serta bentuk berlapis dari boron tank1karbida atau aluminium. Bahan ini biasa dipakai pada perisai kendaraan tempur Amerika Serikat. Keramik yang menjadi perisai tersebut berfungsi sebagai penyerap energi kinetik dari gaya yang bekeja pada tank. Sehingga tank akan aman dari ancaman peluru maupun rudal.

 

 

Namun, benda buatan manusia pada akhirnya akan hancur, dan menjadi rapuh, tidak bisa disusun kembali.adapun jika bisa disusun kembali tentunya hanya sebagian saha. Sedangkan benda ciptaan Allah, sangatlah kuat, dan apabila hancur maka strukturnya dapat tersusun kembali secara alami. Hal inilah yang terjadi pada cangkang hewan laut, abalon.

 

Dari hewan laut kecil bernama abalon, Allah Yang Mahakuasa telah menyingkapkan contoh kearifan-Nya yang tak terhingga pada semua makhluk ciptaann-Nya. Di mana semua hal tersebut tentunya untuk membuktikan akan keagungan Allah SWT. Dalam hal ini, manusia dituntut untuk dapat memahami setiap ciptaan Allah untuk dikaji demi mengembangkan kehidupan manusia.

4 thoughts on “Material Keramik Pada Kehidupan

  1. Orang Padang bilang

    Alam Takambang Jadi Guru
    ” Alam yang terkembang ini adalah guru yang palin hebat yang disediakan Allah untuk kita mempelajari tentang penciptanya ”

    salam kenal untuk pengunjung semua
    ditunggu dukungan dan kunjungannya

    terimakasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s