Equivalent Exchange

FMA

Pernah lihat yang satu ini? Full Metal Alchemist merupakan salah satu komik favorit saya. Ceritanya tentang petualangan dua kakak beradik yang berusaha mengembalikan tubuh mereka yang hilang karena mempraktekan Alchemy terlarang.

Yang memang menjadi karakteristik adalah bahwa seperti komik jepang yang lain, pengarangnya dapat membuat sendiri aturan-aturan hukum alam. Kalau di One Piece dikenal ada Haki, di Naruto ada jutsu, dan di Hunter X Hunter ada Nen sebagai kekuatan manusia super yang bisa dilatih. Maka, di komik Full Metal Alchemist pun sama, ada yang namanya Alchemy yang bisa dipelajari untuk mendapatkan kekuatan manusia super.

Karena emang sepertinya orang jepang juga nggak rela aja kalau membuat kemampuan yang tak terbatas, maka selalu dibuat pembatas-pembatas yang menghalangi orang untuk berbuat seenaknya.
Nah pembatas ini yang terkadang ada benernya juga di dunia nyata.
Salah satu hukum alam yang ada di Full Metal yang bisa kita aplikasikan adalah:

Equivalent Exchange

Katanya hukum ini artinya “In order to obtain or create something, something of equal value must be lost or destroyed.” dalam bahasa indonesia “untuk mendapat atau mencipta sesuatu, sesuatu yang bernilai sama harus hilang atau hancur.”
Hal ini cukup menarik kalau kita lihat bagaimana dengan kehidupan di sekitar kita:

  • Orang yang mengorbankan waktu tidur untuk nonton bola semalaman
  • Orang yang mengorbankan waktu tidur untuk mati-matian mengejar deadline tugas kuliah.
  • Orang yang mengesampingkan kesehatan dengan lembur mati-matian untuk mendapat uang.
  • Orang meninggalkan karir untuk bisa mengasuh anak lebih intensif

Ini terjadi setiap saat di sekeliling kita. Untuk mendapat sesuatu kita harus menukarnya dengan sesuatu yang lain. Terkadang pertukaran itu memberi kepuasan, terkadang tidak. Tidak ada jalan keluar dari dunia tukar menukar ini.
Sukses pun juga bisa dikatakan bergantung dari sebijak apa kita menukarkan apa yang kita miliki. Pertukaran yang baik akan membawa kita pada kebahagiaan, pertukaran yang salah akan membuat kita menyesal atau rugi.
Oleh karena itu, memang kita perlu lebih teliti lagi memperhatikan apa yang akan kita tukarkan. Jangan sampai kita banyak menyesal karena telah salah menukarkan sesuatu yang penting dan tak tergantikan dengan sesuatu yang remeh.

Sumber Gambar: http://graphicnovel.zachwhalen.net/content/moral-mangas-key-topics-fullmetal-alchemist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s