Before you judge me, Try Hard to love me

ran-and-conan-detective-conan-10103182-1024-768

Sumber Gambar: http://www.fanpop.com/clubs/detective-conan/images/10103182/title/ran-conan-wallpaper

Before you judge me
Try hard to love me

Begitulah lirik lagu Childhood yang dinyanyikan oleh Michael Jackson. Dia curhat kalau dia pengen sebelum dinilai buruk oleh orang lain, cobalah orang itu mencintai dia dulu.

Asyik kali ya kalau semua orang banyak yang menerapkan prinsip ini. Bagaimanapun juga, bakalan ada kita ketemu dengan orang yang berseberangan secara prinsip dengan kita. Bisakah kita coba mencintai dia dulu sebelum kita membenci dia atau sebelum kita nilai dan cela habis-habisan.

Hal ini membuat saya ingat salah satu cerita di komik detektif conan. Waktu itu si Conan ini sedang ketemu kasus yang melibatkan kakak kelas Ran (kalo ngga salah). Tentu dengan kemampuannya, Conan berhasil menemukan siapa penjahatnya, yang ternyata memang kakak kelas Ran itu.

Prosesnya tentu ga gampang karena Ran mati-matian coba membuktikan kalau temennya itu ga bersalah. Sedangkan Conan udah curiga kalau dia pelakunya. Pas ketauan emang kakak kelas Ran yang salah. Ran nanya, kalau temen deketmu yang jadi tertuduh, pasti kamu bisa dengan mudah menunjukkan kalau dia pelakunya ya?

Lalu kata Conan, “Ga juga, karena saat saya menduga kalau dia pelakunya, pasti saya sudah kelelahan. Karena pasti saya sudah berusaha mencari semua bukti yang mendukung kalau dia ga bersalah”.

Mungkin begitulah cara yang lebih sehat untuk menjalani hidup. Meskipun semua orang dengan mudah menuding, menunjuk, dan menyalahkan, kita berusaha dulu untuk membuktikan kalau orang yang kita percaya enggak seperti itu. Bahwa ada sisi dia yang benar dan baik, yang masih bisa kita andalkan.

Lalu, kalaupun dia bersalah, itu adalah setelah kita berusaha keras mengingatkan, mengajarkan, mengajak diskusi, dan menyamakan cara pandang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s